Tel: (021) 3169335, Email: sekr-tirbr@bppt.go.id

PT Palindo Marine Batam akhirnya menyelesaikan pengerjaan pembuatan dua kapal pengawas kelas C yakni KP HIU 16 dan KP HIU 17 yang merupakan kapal pesanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Sesuai yang telah direncanakan, lokasi penempatan kedua kapal tersebut secara berturut-turut adalah stasiun PSDKP Belawan dan pangkalan PSDKP Batam, Barelang.

Peluncuran dua kapal pengawas kelas C tersebut dilaksanakan di dermaga PT Palindo Marine Batam, Kelurahan Seipelenggut, Kecamatan Sagulung. Kapal KP HIU 16 dan KP HIU 17 merupakan hasil rancang bangun (desain) oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Kapal ini dibangun dengan menggunakan aluminium sebagai material utama dan memiliki dimensi panjang 32 meter dan lebar 5,8 meter. Kapasitas penumpang adalah 15 orang.

Untuk penentuan daya mesin kedua kapal ini telah dilakukan uji powering model kapal di fasilitas Towing Tank BTH dengan standar ITTC. Uji powering ini meliputi uji resistance, open water dan self-propulsion. Selain itu, pengujian olah gerak yang meliputi uji seakeeping dan maneuvering juga dilaksanakan pada lab uji yang sama, BTH. Hasil dari uji olah gerak ini menyatakan jika kedua kapal tersebut telah sesuai dengan standard IMO.

 

Sumber: https://www.instagram.com/p/CLJIDtOrlbA/