Tel: (021) 3169335, Email: sekr-tirbr@bppt.go.id

 

Dalam webinar kedua kali ini mengusung tema "Inovasi Teknologi Sistem HVAC untuk Penanganan COVID-19 dalam Mobile Lab Bio Safety Level-2 (MBSL-2) TFRIC-19 BPPT". Ini merupakan salah satu produk inovasi dari Balai Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi (BT2MP) yang patut diapresiasi. Sejatinya Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa (TIRBR) Dr. Wahyu Widodo Pandoe mendapatkan kepercayaan untuk membuka acara ini. Namun karena berhalangan digantikan oleh Dr Mulyadi Sinung Harjono selaku Direktur Pusat Teknologi Sistem dan Prasarana Transportasi (PTSPT). Adapun yang menjadi moderator kali ini adalah Prof. Bambang Teguh P,DEA yang menjalankan acara kali ini. Dengan terbatasnya waktu namun harus tetap menghadirkan webinar yang padat. Tak kurang dari 160 peserta hadir.

 

 

Secara berturut-turut berbicara Danang Waluyo, M. Eng selaku Chief Engineer Program MBSL-2, dilanjutkan Himawan Sutriyanto selaku Leader HVAC Program MBSL-2. Kemudian ada Kafi'úddin, MT sebagai Government Affair Chair of ASHRAE Indonesian Chapter. Lalu Dr. Anna Sanawati Peneliti PT. Bio Farma dan terakhir dipungkasi oleh Prof DR Ing Ir Nasruddin M.Eng yang menjadi Guru Besar Teknik Mesin Universitas Indonesia. Melalui kolom chat para peserta dapat mengajukan pertanyaan dengan terlebih dulu memberikan informasi mengenai orang yang akan ditanyai. Acara berakhir mundur hingga pukul 12.00 WIB namun secara keseluruhan acara ini memuaskan segala pihak.

 

Mobile Lab BSL-2 dibangun dengan memanfaatkan kontainer 20 kaki, laboratorium desain untuk 2 ruangan, yaitu anteroom dan main room, yang dilengkapi dengan negative pressure dan sistem interlock. Fasilitas Biosafety Cabinet, Autoclave dan PCR, serta peralatan pendukung lain, menjadikan Lab BSL-2 ini telah memenuhi bersyaratan Biosafety Level 2 plus (BSL-2 enhance). Dengan sistem yang diterapkan dan tipe reagen yang digunakan, mobile Lab BSL-2 ini mempunyai kapasitas pemeriksaan swab hingga 600 spesimen per 24 jam. Dilengkapi dengan 2 swab chamber diharapkan Lab Mobile BSL-2 ini dapat memberikan penguatan kapasitas pemeriksaan spesimen Covid-19 di berbagai wilayah.