Tel: (021) 3169335, Email: sekr-tirbr@bppt.go.id

Tokyo, Jepang (04/12) Balai Teknologi Termodinamika, Motor, dan Propulsi (BT2MP) mengadakan lawatan balasan atas kunjungan National Maritim Research Institute (NMRI) beberapa kali ke BT2MP. NMRI Jepang merupakan lembaga riset di bidang kelautan yang berada di bawah Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata. Diterima oleh Shotaro Uto Ph.D selaku Manajer NMRI.
Pihak BT2MP diwakili oleh Tjahjo Pranoto  mengungkapkan kegiatan riset yang dilakukan diantaranya adalah mengenai B-30. Riset B-30 dinyatakan selesai beberapa waktu lalu dengan hasil yang memuaskan bagi segala pihak, dan sebagaimana direncanakan semula B-30 akan diimplementasikan secara merata di Indonesia.


Taufik Suryantoro memaparkan apa saja yang dilakukan oleh BT2MP pada road test B-30. BT2MP melakukan uji pengaruh bahan bakar uji (B-30) terhadap unjuk kerja, emisi dan konsumsi bahan bakar serta pengaruh jangka panjang dari bahan bakar uji terhadap parameter parameter tersebut.“BPPT  akan terus mendukung kegiatan pengkajian dan penerapan teknologi yang akan meningkatkan kemandirian bangsa dan meningkatkan daya saing industri nasional. Uji Jalan (Road Test) B-30 ini bisa terlaksana dengan baik, aman, lancar dan sukses serta memberikan hasil yang baik bagi program peningkatan pemanfaatan biodiesel di Indonesia,” terang Taufik.