BBTA3 adalah unit kerja di BPPT yang telah melakukan pengujian model pesawat dengan jenis penumpang sipil di ILST (Indonesia Low Speed Wind Tunnel) yang bertujuan untuk mendapatkan karakteristik aerodinamika sebelum pesawat dibuat. 

Proses pengukuran data dilakukan untuk beberapa konfigurasi model pesawat diantaranya, Konfigurasi dasar (clean configuration) yaitu konfigurasi tanpa defleksi dari high lift devices yang dilakukan baik alpha maupun beta polar untuk memberikan gambaran umum dari karakteristik aerodinamika pesawat. Konfigurasi Stability Devices seperti defleksi elevator (dE), defleksi flap (dFlap) dan defleksi rudder (dRud) yang  dilakukan baik dari  alpha maupun beta polar untuk memperoleh informasi efektivitas dari bidang kontrol.

Metoda analisis aerodinamika pada pengujian pesawat jenis penumpang sipil di terowongan angin merupakan metoda yang efektif untuk memprediksi beban aerodinamik dan stabilitas pesawat terbang yang akan dirancang atau dibuat.  

 

Untuk memastikan data hasil pengukuran dinyatakan valid maka dilakukan pengukuran yang berulang sehingga terlihat konsistensi data yang didapat. Dengan demikian data hasil pengukuran tersebut bisa digunakan sebagai data yang mewakili keseluruhan pengukuran dalam pengujian karena tingkat akurasi kekonsistenan data hasil pengukuran tersebut