Tel: (021) 3169335, Email: sekr-tirbr@bppt.go.id

Dalam rangka penjaminan kualitas pelaksanaan akreditasi Laboratorium Pengujian secara terus menerus dalam melakukan perbaikan (continous improvement) terhadap proses akreditasi maupun hasil akreditasi,  dilaksanakan surveilans terhadap laboratorium pengujian penyelengara akreditasi secara berkelanjutan merupakan salah satu caranya.

Pada hari jumat, 29 Maret 2019 telah dilaksanakan survailen terhadap Laboratorium Pengujian BTMEPPO oleh assessor KAN, Ibu Murni Aryani dan Bapak Hendri Sukma. Survailen berlangsung selama satu hari dengan dihadiri oleh seluruh personil pelaksana akreditasi.

“Kami menyambut baik pelaksanaan survailen ini, dan mengharapkan masukan serta saran dari para assessor terkait penyesuaian ISO 17025:2017”  menurut Khairul Jauhari, selaku Manajer Mutu sekaligus Kasie Program dan Layanan Teknologi pada saat opening meeting mewakili Kepala Balai Teknologi MEPPO.

Survailen kali ini merupakan survailen pertama BTMEPPO setelah melalui proses Re-Akreditasi pada tahun 2017, yang juga bersamaan dengan adanya penyesuaian terhadap perubahan ISO 17025:2005 menjadi 17025:2017. Laboratorium penguji ini dapat memenuhi persyaratan dalam SNI ISO/IEC 17025:2017 "Persyaratan umum kompetensi laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi" yang merupakan adopsi identik dari ISO/IEC 17025:2017 "General requirements for the competence of testing and calibration laboratories’.

Ruang lingkup dalam survailen kali ini sesuai dengan ruang lingkup LP BTMEPPO, tanpa ada penambahan ruang lingkup pengujian. Kegiatan surveilan kali  ini diharapkan  laboratorium Pengujian BTMEPPO akan mendapatkan saran dan rekomendasi dalam rangka perbaikan berkelanjutan sistem manajemen mutu dalam menerapkan SNI ISO 17025 : 2017 secara konsisten.

Pada closing meeting disampaikan oleh Lead Asesor dengan penyampaian beberapa temuan ketidaksesuaian yang perlu ditindak lanjuti oleh Laboratorium.